Acep Suherman

Berbagi Tips Sehat Masa Kini Demi Indonesia yang Lebih Sehat

Penyakit Osteoporosis, Penyebab, Gejala, Bahaya Penyakit Osteoporosis

Masyarakat Indonesi sudah banyak yang telah terkena penyakit osteoporosis, dan kebanyakan yang mengalami penyakit ini adalah wanita karena wanita mempunyai resiko mengidap osteoporosis 4x lebih besar dengan resiko pada pria. 

Apa Itu Penyakit Osteoporosis ?

Pada umumnya osteoporosis merupakan suatu kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Dan kondisi ini membuat tulang menjadi keroppos dan rentan akan menjadi keretakan pada tulang.

Osteoporosis baru diketahui setelah ditemukan retak pada tulang, setelah pasien mengalami jatuh ringan. Kasus yang paling sering terjadi pada penderita penyakit osteoporosis adalah retak pada pergelangan tangan, tulang pinggul, dan pada tulang belakang.

  

Lantas Apa Penyebab Penyakit Osteoporosis ?

Osteoporosis memiliki 2 macam yaitu primer dan sekunder. Selain dari kategori tersebut, terdapat satu kategori lain (juvenile idiopathic), osteoporosis yang tidak diketahui awal mula penyebabnya.

Terdapat beberapa penyebab yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit ini terjadi pada diri kita yaitu sebagai berikut ini :

  1. Wanita.
  2. Wanita yang telah mengalami menopause.
  3. Lansia mulai dari umur 50 tahun keatas.
  4. Terdapat gangguan keseimbangan abnormal (Menopause pada usia muda).
  5. Diet yang rendah akan kalsium.
  6. Diet tinggi serat dan diet tinggi fosfat.
  7. Perokok.
  8. Mempunyai riwayat keluarga yang pernah terkena Osteoporosis.
  9. Jangan terlalu banyak bergerak.
  10. Tubuh yang kurus.
  11. Gaya hidup yang kurang efekif.
  12. Jarang melakukan aktivitas, dan kurang melakukan kegiatan olahraga.
  13. Terdapat gangguan makanan (Anorexia nervosa).
  14. Indeks massa tulang yang rendah.

Satu dari lima laki-laki berisiko terkena osteoporosis, sedangkan tiga dari lima wanita bisa berisiko osteoporosis, kenapa demikian? Hal ini disebabkan siklus kehidupan yang dialami oleh wanita yaitu mengandung dan menyusui buah hatinya. 

Gejala Yang Menimbulkan Osteoporosis 

Penting sekali bagi anda untuk mengetahui bagaimana ciri dan tanda utama penyakit osteoporosis guna untuk mencegah dampak terburuk dari penyakit ini, berikut ini adalah beberapa ciri, gejala, tanda awal terjadinya penyakit osteoporosis yaitu sebagai berikut :

  1. Postur punggung yang terus membungkuk, ini terjadi akibat pengeroposan pada tulang belakang yang membuat tulang punggung sulit untuk menahan berat tubuh.
  2. Kram, nyeri otot dan terasa sakit pinggang pada tulang.
  3. Sakit punggung kronis, ini merupakan salah satu gejala penyakit osteoporosis.
  4. Patah tulang, ini terjadi dari tulang yang rapuh dari gejala penyakit osteoporosis dan sering terjadi pada pinggul, pergelangan tangan, dan tulang belakang.
  5. Usia ≥45 tahun (lansia) dan mengalami masa menopause serta mengalami patah tulang.

Jika beberapa gejala diatas telah dapat anda rasakana  maka segeralah untuk memerikasakan diri anda kepada dokter supaya anda bisa dengan cepat mengatasi osteoporosis anda sebelum terlambat. 

Bahaya Penyakit Osteoporosis 

ada orang yang mengatakan bahwa penyakit ini lebih berbahaya dari penyakit kanker, karena penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Gejala penyakit ini kadang tak terasa (silent disease), penyakit ini mulai terasa bila terjadi patah tulang yang hanya terdeteksi menggunakan mikroskop.

Updated: 23/05/2017 — 8:32 AM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Acep Suherman © 2017 Frontier Theme