Acep Suherman

Berbagi Tips Sehat Masa Kini Demi Indonesia yang Lebih Sehat

Penyakit Katarak, Penyebab, Gejala, Bahaya Akibat Dari Katarak

Penyakit katarak merupakan salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat, karena hampir disemua daerah ada yang mengalami penyakit katarak dimulai dari anak-anak hingga lansia.

 

Sekilas Tentang Katarak 

Katarak yaitu bagian keruh yang berada pada lensa mata yang biasanya bening dan akan menimbulkan penglihatan menjadi kabur. Katarak adalah salah satu penyakit yang sudah menjadi umum terjadi di lingkungan masyarakat. Terdapat 2 jenis katarak yang harus anda ketahui dan anda pahami, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Katarak Kongenital (Pada Bayi)
    Katarak jenis ini biasanya terjadi pada bayi setelah lahir, dan kondisi ini bisa berkembang untuk anak-anak hingga remaja. Gejala katarak jenis ini disebabkan adanya kelainan kromosom dari orang tua anak tersebut.
  • Katarak Pada Lansia
    Katarak jenis ini bisa menyebabkan lansia tidak bisa melihat dengan jelas. Memang pada awalnya penderita masih bisa melihat dengan bantuan kacamata dan cahaya yang cukup terang. Untuk tahap yang lebih lanjut katarak dapat berkembang lebih cepat sehingga penglihatan mendapatkan gangguan yang parah. 

Penyebab Penyakit Katarak 

Penyebab katarak ini belum diketahui secara pasti, tetapi seiring bertambahnya usia, protein yang membentuk lensa mata akan berubah, termasuk dengan kandungan air didalamnya. Itu menjadi kemungkinan lensa yang awalnya bening menjadi keruh. 

Gejala Yang Sering Terjadi

Berikut ini adalah gejala atau ciri-ciri penyakit katarak, yaitu sebagai berikut :

  • Penglihatan terlihat menjadi samar dan kurang jelas sehingga tidak mampu melihat atau membaca objek.
  • Sangat sensitif terhadap sinar atau cahaya.
  • Apabila melihat objek benda atau cahaya hanya dengan satu mata, objek cahaya akan terlihat seperti ganda.
  • Dibutuhkan pencahayaan yang terang untuk bisa membaca dan melihat.
  • Lensa mata menjadi buram.
  • Pada saat melihat suatu objek warna menjadi memudar, dan cenderung menguning pada saat melihat pada objek tersebut.
  • Pada malam hari fungsi penglihatan menjadi berkurang, dan menyebabkan penderitanya sulit untuk melihat pada malam hari.

 

Bahaya Yang Ditimbulkan Katarak 

Apabila suatu penyakit tidak dengan segera ditangani maka penderita tersebut akan mengalami beberapa gangguan yang ditimbulkan dari penyakit katarak dan bisa memberikan efek yang berbahaya bagi penderita tersebut. 

Katarak umumnya berjalan dengan perlahan dan mengakibatkan penderitanya kehilangan pandangan serta bisa menimbulkan potensi membutakan apabila katarak tidak terlalu tipis. Salah satu dampak yang berbahaya bagi penderita penyakit katarak adalah kebutaan.

 

Updated: 22/05/2017 — 3:10 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Acep Suherman © 2017 Frontier Theme