Acep Suherman

Berbagi Tips Sehat Masa Kini Demi Indonesia yang Lebih Sehat

Penyakit Angin Duduk, Pengobatan, Gejala, Bahaya Dari Angin Duduk

Apa Itu Angin Duduk ?

Angin duduk ialah suatu kondisi yang ditandai rasa nyeri pada dada akibat otot jantung yang kurangnya pasokan darah, gangguan pada pasokan darah ini dikarenakan adanya penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Angin duduk ini bisa menyerang secara tiba-tiba.

 

Apa Penyebab Penyakit Angin Duduk Terjadi?

Terdapat beberapa hal yang memicu penyakit ini bisa terjadi pada diri kita, diantaranya sebagai berikut :

  1. Darah tinggi, tekanan pada darah yang melebihin dari batas ukuran normal, sehingga pembuluh darah ke jantung mengalami penumpukan.
  2. Memiliki riwayat penyakit diabetes, angin duduk biasanya sering terjadi pada orang yang sudah memiliki penyakit diabetes.
  3. Kolesterol tinggi.
  4. Stress, dengan stress yang berlebihan maka akan memicu terjadinya penyakit angin duduk.
  5. Obesitas.
  6. Merokok, zat yang terdapat dalam rokok sangatlah berbahaya, apabila kita terlalu sering mengkonsumsi rokok bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti asma, bronkitis, jantung bahkan bisa juga menimbulkan penyakit angin duduk.
  7. Genetik, seseorang yang mengalami penyakit yang bersipat turunan dan angin duduk pun merupakan salah satu penyakit yang bisa diakibatkan oleh gen.
  8. Kurangnya olahraga, Olahraga sangatlah penting karena bisa menaikan sistem kekebalan dalam tubuh.
  9. Faktor usia, untuk orang yang berusia lebih dari 45 tahun khususnya pria akan sangat gampang mengalami penyakit duduk.

Gejala Yang Sering Terjadi 

Terdapat beberapa gejala secara umum yang berhubungan dengan timbulnya penyakit ini pada diri kita. Yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Terdapat rasa nyeri pada dada. Munculnya rasa seperti ditekan pada dada, diremas, sumpek, atau seperti terdapat rasa yang menindih di dada.
  • Nyeri dada. yang menjalar hingga ke bagian kiri, leher, rahang, bahu atau juga pada punggung.
  • Terdapat rasa mual
  • Rasa lelah. yang berlebihan
  • Terjadi sesak nafas. Nafas yang terjadi menjadi lebih pendek hal ini diakibatkan karena ketidaknyamanan tubuh karena kekekurangan oksigen
  • Berkeringat.
  • Munculnya rasa pusing. Munculnya rasa melayang, sempoyongan, seolah-olah tidak kuat berdiri dan berjalan.

Tingkat keparahan jenis angin duduk sangatlah bervariasi. Dan sangatlah penting untuk mengenalinya, apabila anda baru mengalami gejala angin duduk kemudian berbeda dengan beiasanya itu bisa jadi menandakan bahwa angina menjadi lebih berbahaya atau serangan jantung.

Bahaya Yang Kemungkinan Terjadi 

Jika angin duduk tidak diketahui olehpenderitanya maka penyakit ini bisa menjadi penyebab kematian mendadak bagi penderitanya. Maka dari itu jika anda sudah merasakan beberapa gejala yang sama dengan yang telah disebutakan diatas, segeralah berkonsultasi dengan dokter mengenai keluhan anda, supaya anda bisa mengetahui penyakit apa yang sedang menyerang diri anda. 

Updated: 22/05/2017 — 9:51 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *